Sabtu, 07 Februari 2009

Integer Programming

Integer programming merupakan pemrograman untuk menyelesaikan bilangan bulat dan merupakan bentuk kain dari Linear Programming dimana asumsi divisibilitasnya melemah atau hilang sama sekali. Bentuk ini muncul karena dalam kenyataannya tidak semua variabel keputusan dapat berupa bilangan pecahan. Misalnya jika, variabel keputusan yang dihadapi berkaitan dengan jumlah mesin yang diperlukan pada suatu horizon perencanaan, maka jawaban 10/3 mesin sangat tidak realistis dalam konteks keputusan yang nyata. Dalam hal ini harus ditentukan, apakah akan menggunakan 3 atau 4 mesin.

Asumsi divisibilitas melemah, artinya sebagian dari nilai variabel keputusan harus berupa bilangan bulat (integer) dan sebagian lainnya boleh berupa bilangan pecahan. Persoalan integer programming dimana hanya sebagian dari variabel keputusannya yang harus integer disebut sebagai persolan Mixed-Integer Programming.

Formulasi Integer Programming
Pemodelan IP dapat merupakan suatu keputusan “ya” atau “tidak” dan dalam representasi adalah 1 dan 0; satu untuk ya dan 0 untuk tidak.

Tidak ada komentar: