Senin, 26 Januari 2009

Karsa 'Menangi' Pilkada Jatim

SURABAYA--MI: Pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) dipastikan 'memenangkan' pilkada Jawa Timur. Dalam pemungutan suara ulang di Bangkalan dan Sampang, Madura, Karsa mengungguli pasangan Khofifah Indar Parawansa-Mujiono (Kaji).

Hasil rekapitulasi di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK), Karsa unggul di dua kabupaten. Data yang dikumpulkan Media Indonesia, Kamis (22/1) di 18 kecamatan di Bangkalan, Karsa meraih 253.981 suara, sedangkan Kaji 144.176 suara. Sedangkan di 14 kecamatan di Sampang, Karsa memperoleh 211.228 suara sedangkan Kaji 147.745 suara. Sebelum pilkada ulang di Bangkalan dan Sampang Kaji meraih 7.336.159 suara, sedangkan Karsa 7.196.800 suara.

Ketua KPU Bangkalan Jazuli Nur mengatakan meskipun perolehan suara sudah diketahui ditingkat PPK, pihaknya masih tetap berpedoman pada tahapan yang telah disusun. KPU Bangkalan, kata Jazuli, tidak akan mengumumkan hasil rekapitulasi PPK dan akan melakukan penghitungan 25 Januari 2009.

"Kami tetap berpatokan pada tahapan yang sudah kita susun. Nanti akan kita umumkan sesuai jadwal 25 Januari setelah baru kita serahkan ke KPU Jawa Timur," kata Jazuli.

Dalam rekapitulasi penghitungan suara ditingkat PPK, diwarnai aksi walk out saksi Kaji, Zaini saat penghitungan di PPK Kecamatan Galis. Selain itu, juga banyak saksi Kaji yang menolak menandatangani berita acara hasil penghitungan suara.

Di Kecamatan Galis, saksi Kaji walk out setelah permohonan meminta agar PPK membacakan daftar pemilih sesuai formulir C-1 KWK ditolak Ketua PPK Galis, Paidi. "Seharusnya soal DPT sudah ada di TPS, sekarang di sini hanya membacakan rekapitulasi saja," kata Paidi.

Protes kubu Kaji juga terjadi PPK Camplong, Sampang. Mereka meminta proses penghitungan dihentikan dengan ralasan telah terjadi kehilangan tujuh surat suara di TPS 03 Desa Sejati.

"Soal kasus hilangnya surat suara itu akan kami tindak lanjuti tapi jangan sampai mengganggu proses penghitungan manual di PPK. Karena hal itu dapat mengganggu proses dan tahapan Pilkada secara keseluruhan," kata Ketua Panwas Khoirul Muntazam.

Calon Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama pasangannya Mudjiono, langsung menggelar rapat khusus membahas bukti-bukti kecurangan yang mereka miliki. Rapat itu digelar di Posko Kaji di Sampang seusai menerima laporan dari tim sukses dan simpatisan yang menemukan bukti-bukti kecurangan.

Tidak ada komentar: