Minggu, 16 November 2008

Tugas Akhir-ku


Saya akan banyak berbagi ilmu tentang tugas akhir yang saya lakukan. Namun bisa saja ada beberapa perubahan di kemudian hari. Judul TA yang saya kerjakan yaitu "Pengembangan Sistem Persinyalan untuk Optimisasi Kapasitas Lintas Kereta Api Jalur Ganda". Dari judul tampak kata kunci Sistem persinyalan, Optimisasi, dan Kapasitas Lintas. Dari ketiga keyword tersebut akan saya bahas satu persatu.

Pertama, Sistem Persinyalan
Merupakan bagian terpenting dalam prasarana perkeretaapian. Tanpa sistem persinyalan maka akan menyebabkan banyak terjadi kecelakaan dan kekacauan jadwal. Apalagi kita ketahui bersama bahwa KA melekat pada jalurnya sehingga sulit untuk menghindar dari apa pun yang ada di rel, ditambah jarak pengeremannya juga tidak sependek kendaraan jalan raya.

Kedua, Optimisasi
Merupakan suatu cara untuk memperoleh hasil yang paling kita inginkan, tentunya yang paling menguntungkan buat kita. Disini saya menggunakan Integer Programming (Pemrograman Bilangan Bulat) sebagai tools untuk memecahkan masalah optimisasi diatas.

Ketiga, Kapasitas Lintas
Bisa dikatakan merupakan kemampuan maksimum suatu lintasan untuk menampung volume jumlah kendaraan pada waktu tertentu.

to be continue...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah...sip tenan TA nya, bisa di tes langsung k'lo pulang ke NGK pake Kahuripan ato MutSel. He...he...