Sabtu, 19 April 2008

Bangkitnya Kepemimpinan Anak Muda

Beberapa waktu yang lalu santer berita tentang kampanye saatnya anak muda memimpin. Ternyata hal ini benar-benar terjadi secara sadar atau tidak. Kepemimpinan politik di Indonesia mulai dipegang anak-anak muda, dalam hal ini jauh dari status quo yang di pegang oleh kaum tua. Mungkin hal ini juga akibat sudah tidak puasnya kepemimpinan orang-orang tua di Indonesia yang bukannya bertambah baik namun semakin hancur saja.

Terbukti dengan munculnya tokoh-tokoh muda baik di tiap ormas, partai, dan lain-lain. Rata-rata mereka cukup kritis terhadap kinerja orang-orang tua di organisasinya sendiri. Tokoh-tokoh muda di Indonesia dalam bidang politik di pegang oleh orang-orang yang berada di bawah 50 tahun.

Saya melihat akan ada perubahan secara drastis tentang masalah kepemimpinan politik di Indonesia. Lihat saja fenomena kemenangan pasangan HADE dalam pilgub Jabar diikuti beberapa wilayah lain yang juga mengusung paling tidak kombinasi tua-muda seperti SUMUT, JATIM, dll. Harapan kita adalah semoga dengan adanya fenomena merebaknya kepemimpinan anak muda bisa membawa perubahan Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun bila hal itu tidak terbukti maka sudah pantas negri ini sudah kehabisan stok para pemimpin. Sungguh miris..

Tidak ada komentar: